Senin, 01 November 2010

Pendidikan Pancasila


3.            Pancasila pada hakekatnya adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara. Mengapa Pancasila dianggap sakti hingga harus dilestarikan?
Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda!

·           Pancasila dianggap sakti karena tidak ada satu orangpun yang boleh mengubah dan mangganti dari isi yang telah tercantum  dalam pancasila termasuk ketika kaum komunis ingin mengganti dasar Negara Indonesia menjadi paham komunis. Tetapi hal itu dapat dicegah sehingga Pancasila masih menjadi dasar Negara kita hingga sekarang. Selain itu, karena pancasila itu sendiri dijadikan sebagai dasar negara/pondasi yang penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang bermula dari pandangan hidup bangsa dan nilai-nilai murni/falsafah bangsa Indonesia. Oleh karena itu Pancasila harus dilestarikan karena Pancasila merupakan identitas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa kita dengan bangsa lain.
           
















4.   Pancasila adalah ideologi terbuka. Apakah arti keterbukaan ideologi Pancasila itu, apa factor-faktor yang mendorong keterbukaannya, dan apakah tidak mengandung bahaya bagi kelestariannya, serta apa batas-batas keterbukaan ideologi Pancasila?
Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda.!

  • Arti dari keterbukaan ideologi Pancasila yaitu pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasarnya. Maksud dari pernyataan diatas adalah pancasila dapat menjadi pandangan hidup masyarakat Indonesia sekarang maupun yang akan datang. Karena nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat fleksibel akan perubahan zaman sehingga Pancasila bisa menerima perkembangan yang terjadi di Indonesia..
  • Factor-faktor yang mendorong keterbukaan ideologi Pancasila
a.   Kenyataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat 
b.   Kenyataan menunjukkan, bahwa bangkrutnya ideologi yang tertutup dan beku dikarenakan cenderung meredupkan perkembangan dirinya.
c.   Pengalaman sejarah politik kita di masa lampau.
d.   Tekad untuk memperkokoh kesadaran akan nilai-nilai dasar
  • Apakah keterbukaan ideologi tidak mengandung bahaya bagi kelestariannya?
Tentu tidak karena pada dasarnya, keterbukaan ada di karenakan tekad yang kuat untuk memperkukuh kembali kesadaran nilai-nilai dasar pancasila yang telah ada pada masa lampau dan mengembangkannya untuk mencapai tujuan nasional
dan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila itu sendiri merupakan filter bagi keterbukaan dan tidak semua perubahan yang ada akibat keterbukaan dapat diterima oleh nilai-nilai dasar pancasila
  • Batas-batas keterbukaan ideologi Pancasila adalah suatu hal yang tidak boleh melebihi/melanggar dari apa yang sudah ditetapkan,seperti:
a.       Stabilitas nasional yang dinamis.
b.      Larangan terhadap ideologi marxisme, leninisme dan komunisme
c.       Mencegah berkembangnya paham liberal
d.      Larangan terhadap pandangan ekstrim yang mengelisahkan kehidupan masyarakat
e.       Penciptaan norma yang baru harus melalui konsensus.
Factor-faktor pendorong keterbukaan ideologi Pancasila tidak berbahaya bagi kelestariannya


DAFTAR PUSTAKA

http://wahyusetiyono.blogspot.com/2010/05/diskusi-pancasila.html
http://www.muslimdaily.net/jurnalis/4203/kesaktian-pancasilamakna-dan-simbologi-di-baliknya
http://ahmedfikreatif.wordpress.com/2010/10/01/kesaktian-pancasila-makna-dan-simbologi/
http://artiideologi.blogspot.com/2009/04/faktor-pendorong-keterbukaan-ideologi.html
http://artiideologi.blogspot.com/2009/04/batas-batas-keterbukaan-ideologi.html
http://artiideologi.blogspot.com/2009/04/faktor-pendorong-keterbukaan-ideologi.html
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:gra8WrkWfM8J:blog.sunan-ampel.ac.id/alimuhdi/files/2010/10/PANCASILA-SBG-IDEOLOGI-NEGARA-Upload.ppt+arti+keterbukaan+ideologi+pancasila&cd=11&hl=id&ct=clnk&gl=id






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar