Minggu, 07 November 2010

IWAN FALS




Iwan Fals yang bernama lengkap Vurgiawan Listanto lahir di Jakarta, 3 september 1961. Iwan Fals adalah penyanyi yang beraliran balada dan country legendaris yang dimiliki Indonesia. Karya-karya Iwan Fals selalu menyangkut kehidupan sosial yang terjadi di masyarakat Indonesia.akhir tahun 1970-an sampai saat ini serta dunia pada umunya. Iwan Flas juga mengkritisi sebagian kelompok seperti dalam karya Wakil Rakyat, Tante Lisa. Juga beremapati dengan kaum marginal Siang Seberang istana, Lonteku, atau bencana besar tang melanda Indonesia ( atau kadang-kadang diluar Indonesia seperti lagu Ethiopia). Perjalanan karir Iwan fals tidaklah mulus. Ia sering dicekal oleh sekelompok orang yang di menyukai karyanya terutama pada masa orde baru. Pada masa orde lama ia dicekal oleh pemerintah atas lagunya yang sarat kritik akan pemerintahan orde baru contohnya dalam lagu Bento. Dalam lagu tersebut diceritakan tentang kesewenangan kaum penguasa yang bisa berbuat apa saja sesuai dengan kesenagan mereka tanpa harus peduli mengorbankan masyarakat kecil. Dan banyak lagi karya-karya dari Iwan Fals yang mengkritisi kehidupan sosial di masyarakat dan kinerja pemerintah yang dinilai tidak pro rakyat.
Selain itu Kharisma seorang Iwan Fals sangat besar. Dia sangat dipuja oleh kaum 'akar rumput'. Kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar diseluruh nusantara. Bahkan para penggemarnya mengidolakannya dengan membuat baju yang bertuliskan “Iwan Fals Presiden seumur hidup”. Para penggemar Iwan Fals tidak hanya dari golonga muda tetapi juga orang tua bahkan anak-anak. Para penggemar fanatik Iwan Fals bahkan mendirikan sebuah yayasan pada tanggal 16 Agustus 1999 yang disebut Yayasan Orang Indonesia atau biasa dikenal dengan seruan Oi. Yayasan ini mewadahi aktivitas para penggemar Iwan Fals. Hingga sekarang kantor cabang OI dapat ditemui setiap penjuru nusantara dan beberapa bahkan sampai ke manca negara. Walaupun Iwan Fals sudah menginjak usia 49 tahun bang Iwan (sapaan akrab iwan fals) masih eksis di dunia musik Indonesia. Karya-karya beliau menjadi selalu menjadi panutan bagi musisi Indonesia. Berikut karya-karya yang telah dihasilkan oleh Iwan Fals :
• Pada tahun 2005, Iwan merilis album IWAN FALS IN LOVE
• Pada tahun 2005, Iwan merilis album, Manusia Setengah Dewa
• Bulan April 2007, Iwan kembali mengeluarkan album terbarunya, dengan titel 50:50.
Sampai saat ini Iwan Fals masih aktif dalam menyampaikan kritik-kritik sosial yang tejadi pada masa kini. Iwan Fals merupakan salah satu musisi legendaris yang dimiliki Indonesia.

Sumber : http://selebriti.kapanlagi.com/indonesia/i/iwan_fals/
http://id.wikipedia.org/wiki/Iwan_Fals


Tidak ada komentar:

Posting Komentar