Sabtu, 22 Oktober 2011

ANALISIS JURNAL BAB 3

Bab 3
Metode Penelitian

3.1 Model Penelitian
Model penelitian yang digunakan adalah metode survei, untuk menemukan suatu pengaruh dari tiga variabel penelitian yakni variabel terikat atau dependent kepuasan pelanggan, variabel bebas atau independent kualitas pelayanan dan harga.
3.2 Data dan Variabel
Kualitas pelayanan ditentukan sebagai variabel bebas (independent variable), yaitu variabel X.
Variabel pelayanan adalah ukuran pelayanan yang disesuaikan dengan hasil jawaban responden dilihat dari Sinyal, Jaringan, Tarif yang diberikan provider Esia.
Kepuasan pelanggan ditentukan sebagai variabel tidak bebas (dependent variable), yaitu variabel Y.
Variabel kepuasan pelanggan adalah ukuran kepuasan yang disesuaikan dengan hasil jawaban responden dilihat dari kesetiaan, keluhan (complain), partisipasi yang dirasakan oleh pengguna dari pelayanan yang diberikan oleh provider Esia.

3.3 Alat Analisis
3.3.1 Uji Validitas
Uji validitas digunakan untuk mengetahui seberapa tepat suatu alat ukur mampu melakukan fungsi. Alat ukur yang dapat digunakan dalam pengujian validitas suatu kuesioner adalah angka hasil korelasi antara skor pernyataan dan skor keseluruhan pernyataan responden terhadap informasi dalam kuesioner.
Jenis korelasi yang digunakan adalah korelasi pearson antara skor setiap pernyataan dan skor total item. Cara memperoleh angka korelasi dalam uji validitas dengan alat bantu software SPSS. Alternatif pertama pengujian validitas dengan SPSS 13.0 adalah menggunakan angka r hasil korelasi pearson yang dihasilkan melalui sub menu correlate pada piihan Bivariaten, sedangkan alternatif kedua adalah menggunakan nilai r hasil corrected item total Correlation melalui sub menu scale pada pilihan Reliable Analysis.
3.3.2 Uji Analisis Data
Korelasi produk momen (Pearson) adalah teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan study korelasi yakni mencari hubungan sebab akibat yang menunjukkan ketergantungan variabel yang satu terhadap variabel lainnya (Sugiono, 2002: 213), yang dapat ditunjukkan dengan
r = n.∑xy-∑x.∑y
√n.∑x2-(∑x)2. √n.∑y2-(∑y)2.
Dimana :
r = Koefisien Korelasi
n = Jumlah Responden
x = skor dari kualitas Pelayanan
y = skor dari kepuasan pelanggan

3.3.3 Koefisien Determinasi
Untuk mengetahui besarnya koefisien kontribusi variabel bebas (kualitas pelayanan) terhadap variabel terikat (kepuasan pelanggan), maka digunakan “koefisien korelasi”, dengan rumus :
Kp = (r2x100%)
Dimana,
Kp : Koefisien penentu
r2 : Koefisien Korelasi

3.4 Teknik Pengambilan Sampel
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik pengambilan sampel aksidental (accidenta sampling) yaitu penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok dengan sumber data. Dengan memakai populasi terjangkau dari pelanggan Esia di Universitas Gunadarma fakultas ekonomi tingkat 3 jurusan S1 manajemen dan jumlah responden terjangkau yang ditetapkan sebanyak 30 responden.
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen yang disusun berbentuk kuesioner yang diisi para responden. Sedangkan kisi-kisi kuesioner disusun berdasarkan indikator yang berasal dari konstruk yangdijelaskan dalam penelitian. Pengukuran yang dipergunakan agar menjadi data yang bersifat kuantitatif adalah dengan menggunakan skala likert dengan perujuk pada empat alternatif jawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju dengan bobot skor masing-masing 4,3,2,1.
3.5 Teknik Analisis Data
Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan penghitungan SPSS (Statistical Product Service and Solution).
3.6 Populasi dan Sampel
Populasi
Populasi yang dimaksud disini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Gunadarma yang berada di fakultas ekonomi manajemen sebagai pengguna provider Esia.
Sampel
Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara acak sederhana dengan mengambil sampel mahasiswa dan mahasiswi kelas 3EA di fakultas ekonomi manajemen Universitas Gunadarma sebanyak 30 orang sebagai wakil-wakil representatif dari populasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar