Sabtu, 01 Desember 2012

CONTOH PROGRAM CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

Menurut Kotler dan Nancy (2005) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan.

Menurut CSR Forum (Wibisono, 2007) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai bisnis yang dilakukan secara transparan dan terbuka serta berdasarkan pada nilai-nilai moral dan menjunjung tinggi rasa hormat kepada karyawan, komunitas dan lingkungan.

Corporate Social Responsibilit(CSR) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.

Salah satu contoh perusahaan yang menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah Bakrieland. Kegiatan CSR diprakarsai oleh Bakrieland sangat nyata indikasi kewajiban moralnya terhadap perusahaan strategis pemangku kepentingan, khususnya masyarakat yang berada di dekat dengan pekerjaan dan operasi daerah. Sebagai pengembang properti yang terintegrasi yang lini bisnis properti dengan infrastruktur yang terkait dengan pengembangan, Bakrieland menyadari sepenuhnya bahwa yang kegiatan operasional dapat menyebabkan sosial, ekonomi dan kali tegas menegakkan kewajiban moral.

Sebagai bagian dari Kelompok Usaha Bakrie, Bakrieland berlaku untuk pesan yang disampaikan oleh akhir H. Achmad Bakrie yang mendesak bahwa setiap sen diterima oleh Kelompok Usaha Bakrie harus membawa manfaat kepada orang-orang. Sehubungan dengan hal ini, sebelum ke awal dari setiap proyek, Bakrieland menempatkan banyak pemikiran dan persiapan untuk berbagai aspek yang akan menjamin proyek berdampak positif terhadap masyarakat sekitar. Bakrieland upaya untuk membawa angin perubahan kepada mitra untuk lingkup yang lebih luas di pemangku kepentingan rantai nilai: dengan melihat hal-hal yang bukan hanya dari bisnis sudut tetapi juga dari sosial, ekonomi dan perspektif lingkungan. Bakrieland , salah satu perusahaan pengembang properti terbesar di Indonesia ini melakukan program CSR untuk meningkatkan citra perusahaan mereka dimata masyarakat dan sumbangsih mereka untuk masyarakat Indonesia. Perusahaan pengembang property ini melakukan CSR dibidang sepak bola. Dengan membeli beberapa klub sepak bola di Indonesia. Salah satunya Arema Malang dan Pelita Jaya karawang dan akhir-akhir ini kedua klub tersebut di merger menjadi Arema Pelita Indonesia pada liga Indonesia musim 2013-2014. Pihak perusahaan sangat jeli melihat peluang yang ada karena sepak bola olahraga yang sangat popular di masyarakat Indonesia. Dengan memiliki saham mayoritas di klub tersebut citra perusahaan menjadi semakin baik di masyarkat khususnya warga masyarakat kota Malang atau di mata pendukung fanatik klub
Arema Pelita Indonesia.


Analisis
Apa yang dilakukan oleh perusahaan Bakrieland itu sangat baik dengan memiliki dan mensponsori penuh klub sepak bola Arema Pelita Indonesia. Sepak bola merupakan olahraga yang paling popular di Indonesia. Terlebih lagi warga masyarakat kota Malang sangat fanatik dengan sepak bola. Dengan memiliki klub sepak bola di Indonesia Bakrieland turut mendukung kemajuan persepakbolaan di Indonesia seca tidak langsung
Oleh karena itu citra dan reputasi perusahaan Bakrieland semakin menjadi lebih baik dimata masyarakat Indonesia khususnya warga masyarakat kota Malang. Dengan memiliki salah satu klub terbaik di liga Indonesia Bakrieland secara tidak langsung melakukan tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan dan memberikan manfaat bagi sekitarnya dimana perusahaan itu berada.

Sumber :
http://www.bakrieland.com/files/AR2009-corporate_social_responsibility_(csr).pdf
http://gwadamakbar.wordpress.com/2012/01/24/pengertian-corporate-social-responsibility-csr/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar