Selasa, 16 Oktober 2012

Adhi Karya: Monorail Akan Gantikan Busway Joko Widodo telah memberikan lampu hijau kepada Adhi Karya.






VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah memberikan lampu hijau kepada PT Adhi Karya Tbk untuk membangun Jakarta Link Transportation Monorail Project di Jakarta dengan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah.
Monorail ini akan menggantikan peran busway yang akan digeser menjadi feeder bus.
Direktur Utama Adhi Karya, Kiswo Darmawan menjelaskan, untuk membangun Jakarta Monorail usungan konsorsium Adhi Karya, LEN, INKA itu dibutuhkan kerja sama dengan BUMD karena proyek tersebut berada di DKI Jakarta.
"Konsorsium BUMN akan di bawah 50 persen, karena kita sebagai pendidik saja," katanya di Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa 16 Oktober 2012.
Kiswo menuturkan, monorail yang akan dibangun konsorsium Adhi Karya ini akan menelan investasi sebesar Rp60,55 triliun. Namun, untuk tahap pertama akan menghabiskan dana Rp12 triliun yang pendanaannya diambil dari kas internal dan perbankan.
"Tahap pertama adalah koridor hijau I, yang akan dikerjakan adalah Tanah Abang 1a dan 2b. Ini paling mendesak dan urgent," katanya.
Rencananya, dia menambahkan, monorail ini sepanjang 60 kilometer dan akan menggantikan 121 kilometer jalur busway. Jika telah disetujui secara resmi oleh Pemda DKI Jakarta, waktu pembangunannya memakan waktu 2-3 tahun.
"Kita akan manfaatkan tiang-tiang monorail yang terbengkalai. Pengerjaannya akan dilakukan setelah dapat izin dari Pemda," ujar Kiswo.
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyambut baik ide Adhi Karya. Setelah monorail selesai, menurutnya, bus trans Jakarta dapat dialihkan untuk feeder transportasi di luar Jakarta.

Sumber : Viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar