Senin, 23 Mei 2011

SBY Bicara Grand Strategy Ekonomi RI

SBY Bicara Grand Strategy Ekonomi RI
Pemerintah tidak akan menerapkan model perekonomian dengan orientasi ekspor.
Jum'at, 14 Agustus 2009, 10:29 WIB
Hadi Suprapto, Nur Farida Ahniar, Elly Setyo Rini



Presiden Yudhoyono (ANTARA/Rumgapres-Haryanto)
VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan tidak akan menerapkan model perekonomian di Indonesia dengan orientasi ekspor. Menurut dia, ke depan pemerintah akan mengembangkan perekonomian dengan mengangkat pasar dalam negeri.

“Tidak boleh hanya menggantungkan kekuatan ekspor sebagai sumber pertumbuhan kita,” kata dia pada Rapat Paripurna Kenegaraan di Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Jumat 14 Agustus 2009. "Strategi yang hanya bersifat export oriented tentu bukanlah pilihan kita."

Yudhoyono mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang dipilih dan anut adalah pertumbuhan yang disertai pemerataan, agar benar-benar membawa keadilan.

Meski demikian, ekonomi nasional seharusnya berdimensi kewilayahan, dengan pertumbuhan ekonomi yang tersebar di seluruh tanah air. Daerah-daerah harus menjadi kekuatan ekonomi lokal.

Sumber-sumber investasi dan pendanaan dalam negeri juga mesti diperkuat. “Kemandirian dan ketahanan pada bidang-bidang atau sektor ekonomi tertentu harus terus kita perkuat, terutama pangan dan energi,” katanya.

Ekonomi nasional harus dikembangkan berdasarkan keunggulan komparatif dan sekaligus keunggulan kompetitif. Serta, diperlukan ekonomi nasional yang dilandasi mekanisme pasar untuk efisiensi, tetapi juga memberikan ruang bagi peran pemerintah yang tepat untuk menjamin keadilan.


“Paradigma dan grand strategy pembangunan ekonomi seperti itulah yang mesti kita anut dan perkokoh,” ujar Yudhoyono.

Rakyat tidak boleh terjerat, menyerah, dan tersandera oleh kapitalisme global yang sering membawa ketidakadilan bagi rakyat. Karena, bangsa yang unggul adalah bangsa yang dapat mengatasi keadaan dan memberi kontribusi pada permasalahan umat manusia. hadi.suprapto@vivanews.com




Sumber :
http://bisnis.vivanews.com/news/read/82797-sby_bicara__i_grand_strategy__i__ekonomi_ri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar