Selasa, 01 Maret 2011

Biografi Stefano Lilipaly, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia


Stefano Lilipaly adalah pesepakbola berusia 20 tahun yang kini membela klub Belanda, Utrecht FC. Ia adalah satu dari sekian pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi pemain naturalisasi timnas Indonesia.
Lilipaly mulai bermain bola sejak usia 7 tahun. Klub pertamanya adalah DCG, sebuah klub amatir Belanda. Selama 3 tahun ia menempa ilmunya di klub tersebut. Pada usia 10 tahun, Lilipaly pindah ke klub junior AZ Alkmaar, namun dirinya tidak menyukai klub tersebut dan pindah setahun kemudian.
Lilipaly masuk klub junior Utrecht FC pada usia 11 tahun. Disini ia menemukan kenyamanan dan motivasi untuk terus bermain bola. Perlahan bakat Lilipaly menajam, dan kini ia sudah berhasil menembus tim Jong Utrecht / tim reserve Utrecht FC.
Tak hanya itu, Lilipaly juga sudah dipanggil memperkuat timnas Belanda, yakni pada U15 dan U18 timnas negara itu. Namun jika disuruh memilih, Lilipaly lebih ingin membela timnas Indonesia, meskipun ia mengaku tidak tahu banyak mengenai negara ini.
Sebenarnya impian Stefano untuk mendatangi tanah nenek moyangnya itu bisa saja tercapai. Dirinya terpanggil mengikuti seleksi pemain muda naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia U23 di ajang SeaGames 2011 mendatang, namun sayang beribu sayang, ia tengah didera cedera.
Selain itu, Lilipaly juga dijadwalkan oleh klubnya untuk mengikuti training camp di Portugal pada tanggal 10 januari mendatang untuk mempersiapkan diri menghadapi paruh kedua liga Eridivisie Belanda. Pelatih tim senior Utrecht FC, Ton Du Chatinier memproyeksikan Lilipaly untuk bergabung ke skuad senior Utrecht bila ia bisa melalui Training Camp tersebut dengan sukses.
Stefano Lilipaly berposisi sebagai gelandang serang. Selain menjadi pengatur serangan, pemain berpostur mungil (170 cm) ini juga berani berduel merebut bola. Selain itu Lilipaly dikenal memiliki tendangan jarak jauh nan akurat. Gaya permainannya mirip dengan idolanya, Andres Iniesta.
Meskipun tidak bisa mengikuti seleksi awal, namun Lilipaly mengaku siap datang ke Indonesia bila sudah pulih 100%. Maka kemungkinan dirinya memperkuat timnas U23 di ajang SeaGames 2011 pun masih terbuka lebar. Kita tunggu saja aksi pemain berdarah Ambon ini sebagai punggawa masa depan timnas. Go Garuda!




Sumber :
http://gugling.com/biografi-stefano-lilipaly-calon-pemain-naturalisasi-timnas-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar